Upacara Penarikan Mahasiswa KKN-PPM UGM 2023 Periode II Desa Wedung

  • Aug 16, 2023
  • Sya'roni
  • KKN-PPM UGM Wedung Periode II 2023-JT133

Penarikan tim KKN-PPM (Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat) UGM 2023 JT-133 oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) tim KKN-PPM 2023-JT133 dilaksanakan pada Kamis, 10 Agustus 2023 bertempat di Balai Desa Wedung. Acara ini dihadiri oleh Kepala Desa Wedung, Bapak Magmun Migfar, S.H., M.Kn, Kepala  Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Wedung, Slamet Supriyono, S.K.M., Dr.Agr. Cahyo Wulandari, S.P., M.P. selaku DPL tim KKN-PPM UGM, dan tamu undangan yang lain. Upacara penarikan ini menjadi tanda bahwa telah berakhirnya kegiatan Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat oleh mahasiswa Universitas Gadjah Mada di Desa Wedung.

Acara ini diawali dengan pembukaan dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari Kepala Desa Wedung, Ketua BPD Desa Wedung, dan DPL tim KKN-PPM UGM. Selanjutnya, sesi pemaparan beberapa program kerja yang telah tim KKN-PPM UGM laksanakan selama 50 hari berada di Desa Wedung.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan program kerja terlaksana oleh tim KKN-PPM UGM. Program kerja terlaksana di Desa Wedung berjumlah 58 program kerja dengan berbagai sasaran, seperti Pemerintah Desa Wedung, Karang Taruna, Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Kelompok Masyarakat Peduli Mangrove (KMPM), siswa-siswi sekolah di Desa Wedung, beberapa masyarakat yang mempunyai usaha rumahan, dan beberapa kelompok masyarakat lainnya.

Maka dari itu, program kerja yang dipresentasikan adalah beberapa proker unggulan yang telah dilaksanakan. Beberapa kelompok proker unggulan dari tim KKN-PPM UGM, yaitu

  1. Pendampingan UMKM

  2. Pemetaan Desa Wedung

  3. Kesehatan Masyarakat

  4. Pembuatan Buku dan Video Profil Desa

  5. Pengolahan Limbah Rumah Tangga

  6. Pemanfaatan Komoditas Perikanan

  7. Literasi kepada Pelajar SMP

  8. Pelayanan Kesehatan Masyarakat

  9. Pembuatan Alat Pre-Filter Air Payau

Harapan setelah adanya pemaparan proker terlaksana ini adalah tetap tercapai dan terjaganya tujuan program kerja disusun dan dilaksanakan sehingga program kerja terlaksana masih bisa memberikan dampak positif kepada masyarakat Desa Wedung.

Pemaparan program kerja dilanjutkan dengan penayangan Video Profil Desa Wedung yang telah tim KKN-PPM UGM buat yang juga sebagai pemaparan program kerja yang telah dilaksanakan. Sesi pemaparan program kerja diakhiri dengan sesi tanya jawab oleh para tamu undangan yang hadir. Pada sesi ini, ada beberapa masukan dari para peserta mengenai kegiatan ini untuk menjadi bahan pembelajaran, tetapi juga terdapat beberapa peserta yang sudah merasa puas dengan hasil kegiatan Tim KKN-UGM 2023 di Desa Wedung ini.

Berakhirnya kegiatan KKN-PPM UGM 2023 di Desa Wedung disimbolkan dengan pemberian plakat dan kenang-kenangan beserta hasil program kerja terlaksana. Pemberian ini diwakilkan oleh M. Asyam Fawwaz sebagai Koordinator Mahasiswa Subunit (Kormasit) Desa Wedung kepada Bapak Migfar selaku Kepala Desa Wedung. Acara diakhiri dengan doa bersama dan dokumentasi foto bersama.